Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara dapat Kartu SAKTI (KIS) Kartu Indonesia Sehat di Lombok Timur!!!

 


LOMBOK – Kesehatan merupakan salah satu nikmat yang sangat berharga yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada umat manusia disamping nikmat lainnya. Tanpa kesehatan maka segala bentuk aktivitas tidak bisa berjalan lancar.

Kesehatan adalah hal yang sangat penting dalam hidup manusia, tidak ada gunanya banyak uang kalau badan sakit. Banyak orang yang sakit dan keluarganya rela mengorbankan segala harta benda mereka untuk berobat supaya sembuh. Begitu pentingnya arti kesehatan sehingga ada orang memilih lebih baik mati daripada hidup tidak sehat dan tidak dapat melakukan apa-apa.

Dalam rangka menjamin kesehatan warga negara Indonesia Pemerintah meluncurkan salah satu program dahsyat yang diberikan kepada keluarga yang tergolong tidak mampu alias miskin dengan memberikan Kartu KIS (Kartu Indonesia Sehat) yang kegunaannya hanya pada saat si pemilik kartu KIS sakit dan berobat di rumah sakit. Dengan menggunakan kartu tersebut maka segala biaya berobat akan ditanggung oleh Pemerintah.

Apa itu Kartu Indonesia Sehat?

Kartu Indonesia Sehat adalah salah satu program pemerintah dalam rangka memberikan bantuan kepada keluarga kurang mampu. Bantuan ini berupa layanan kesehatan gratis di puskesmas, klinik, hingga rumah sakit di seluruh wilayah Indonesia sesuai dengan penyakit yang diderita.

Manfaat Kartu Indonesia Sehat

  1. Pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS-PBI) mendapatkan beberapa manfaat sebagai berikut :
  2. Bagi Pemegang kartu KIS tidak perlu membayar biaya bulanan, karena sudah dibayarkan oleh Pemerintah
  3. Bagi Pemegang kartu KIS bisa mendapatkan layanan kesehatan dimanapun selama berada di wilayah Indonesia. Pelayanan sama seperti orang pada umumnya.
  4. Bagi Pemegang kartu KIS bisa mendapatkan layanan kesehatan di puskesmas, klinik, dan rumah sakit rekanan JKN tanpa harus membuat surat rujukan dari faskes pertama seperti pengguna BPJS.
  5. Pelayanan kesehatan pengguna kartu KIS berupa pencegahan maupun pengobatan

 Prosedur pembuatan dan pendaftaran kartu KIS di Lombok Timur

Penulis yakin bahwa semua kita ingin mendapatkan kartu KIS dari pemerintah walaupun pada dasarnya kita tergolong keluarga mampu mengingat begitu pentingnya kartu KIS itu. Jika ingin mendapatkan KIS, ada beberapa persyaratan dan prosedur yang harus disiapkan. Inilah beberapa berkas yang perlu disiapkan sebelum mendaftar.

  1. Siapkan KTP dan KK
  2. Surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari Desa/Kelurahan
  3. SKTM diserahkan ke Dinas Sosial dalam hal ini di UPTPK Lombok Timur
  4. Surat Rekomendasi dari UPTPK Lombok Timur
  5. Dinas Sosial turun Verifikasi langsung ke Keluarga yang mendaftar
  6. Surat Rekomendasi dari UPTPK Lombok Timur tersebut serrahkan ke Kantor BPJS kemudian dicetakkan kartu KIS (kalau kuota masih ada)

Salah satu syarat untuk bisa mendapatkan kartu KIS adalah harus sudah terdaftar di DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) untuk mengecek apakah sudah terdafta tau tidak di DTKS silahkan datang ke kantor desa.

Demikian beberapa informasi tentang prosedur pengusulan Kartu KIS, mudah-mudahan bermanfaat bagi para Sahabat RK yang hendak mengajukan. rk.26/08/21

1 comment for "Cara dapat Kartu SAKTI (KIS) Kartu Indonesia Sehat di Lombok Timur!!!"