Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bansos PKH Cair Bulan ini, Cek Status Penerima Bantuan di cekbansos.kemensos.go.id

Bansos PKH Cair Bulan ini
Ilustri Uang Bansos PKH


Bansos PKH Cair Bulan ini - Dalam rangka memberikan Pemenuhan Kebutuhan kepada Rakyatnya Pemerintah melalui Kementrian Sosial RI kembali akan menyalurkan Bantuan Sosial kepada masyarakat, termasuk Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) pada bulan September ini.

Dilansir dari laman Kemensos.go.id, program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. PKH adalah program yang dibuat sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan.

Program Keluarga Harapan (PKH) diberikan khusus bagi keluarga kurang mampu yang, dan terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Bantuan PKH disalurkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) per triwulan, yang terbagi menjadi 4 tahap penyaluran. Tahap Pertama (Januari, Februari dan Maret), Tahap Kedua (April, Mei dan Juni), Tahap Ketiga (Juli, Agustus dan September), Tahap Keempat (Oktober, November dan Desember).

Melalui Instagram @kemensosri, hingga saat ini pencairan bantuan PKH telah memasuki tahap III pada September 2021.

Penyaluran PKH masih akan dilanjutkan hingga tahap IV, yang akan disalurkan kepada masyarakat penerimanya mulai bulan Oktober, November hingga Desember 2021.

Salah satu syarat mutlak untuk bisa mendapatkan Program Keluarga Harapan (PKH) adalah harus sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). ditambah lagi NIK harus sudah online.

Tujuan utama PKH adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) terutama bidang pendidikan dan kesehatan pada kelompok Rumah Tangga Sangat Miskin/ Keluarga Sangat Miskin (RTSM/ KSM).

Tujuan khusus dari PKH adalah antara lain:

  1. PKH diarahkan untuk membantu kelompok sangat miskin dalam memenuhi kebutuhan pendidikan dan kesehatan, selain memberikan kemampuan kepada keluarga untuk meningkatkan pengeluaran konsumsi.
  2. PKH diharapkan dapat mengubah perilaku Keluarga Sangat Miskin untuk memeriksakan ibu hamil/ Balita ke fasilitas kesehatan, dan mengirimkan anak ke sekolah dan fasilitas pendidikan.
  3. Dalam jangka panjang, PKH diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar-generasi.
Bagi masyarakat yang mau mengecek apakah termasuk sebagai penerima atau calon penerima bansos Program Keluarga Harpan (PKH) bisa dicek melalui aplikasi cekbansos.kemensos.go.id dengan memasukkan Nama atau NIK, aplikasinya bisa download di Play Store.

Post a Comment for "Bansos PKH Cair Bulan ini, Cek Status Penerima Bantuan di cekbansos.kemensos.go.id"