Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fenomena Alam Hari Kiamat!!!

 

Ilustrasi pada saat terjadinya hari kiamat

Ayat Al-Qur’an tentang Fenomena Alam Hari Kiamat!!!

LOMBOK - Semangat pagi para Sahabat RK, semoga selalu dalam keadaan sehat wal’afiat dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT. aamiin.

Pada kesempatan kali ini admin akan menulis sedikit materi tentang Penomena Alam yaitu tentang Hari Kiamat, sebagai tambahan ilmu pengetahuan bagi kita bersama.

Hari Kiamat itu pasti akan terjadi, percaya dan meyakini terjadinya hari kiamat merupakan salah satu bagian dari rukun Iman. Seseorang tidak dianggap beriman apabila tidak meyakini hari kiamat. Tidak ada satupun makhluk yang mengetahui kapan akan tiba waktunya, yang jelas pasti akan terjadi sebagaimana dijelaskan dalam Al Quran surat Al A'raf ayat 187, Allah SWT berfirman bahwa kiamat pasti akan terjadi di muka bumi. Waktu terjadinya pun hanya Allah yang mengetahui.

Surat Al’Qariah

اَلْقَارِعَةُ. مَاالْقَارِعَةُ. وَمَااَدْرَاكَ مَاالْقَارِعَةُ. يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِ. وَتَكُوْنُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِ. فَاَمَّامَنْ ثَقُلَتْ مَوَازِيْنُه. فَهُوَفِيْ عِيْشَةٍ رَّاضِيَةٍ, وَاَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْـنُه. فَاُمُّه هَا وِيَةٌ. وَمَااَدْرَاكَ مَاهِيَهْ. نَارٌحَامِيَةٌ. (القارعة : 1-11)

Artinya :

Hari kiamat, Apakah hari kiamat itu? Dan tahukan kamu apakah hari kiamat itu? Pada hari itu manusia seperti laron yang beterbangan, dan gunung-gunung seperti bulu-bulu yang dihambur-hamburkan. Maka adapun orang yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan (senang). Dan adapun orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (yaitu) api yang sangat panas. (Q.S. Al-Qariah : 1-11)

Penjelasan ayat :

Secara bahasa, lafal اَلْقَارِعَةُ berarti bahaya besar (hari kiamat). Hukum alam yang dimaksud pada surat al-qariah adalah peristiwa besar yang disebut yaumussa’ah atau hari kiamat.

Pada ayat di atas Allah SWT bertanya kepada Nabi Muhammad tentang hari kiamat, namun pertanyaan ini bukan berarti menunjukkan ketidaktahuan Allah SWT, karena Allah SWT adalah zat yang Mahatahu atas segala makhluk-Nya. Maksud dari pertanyaan itu adalah untuk menarik perhatian kepada yang ditanya agar benar-benar memperhatikan pada permasalahan yang ditanyakan.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa pada hari kiamat itu akan terjadi peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya dimana manusia akan berhamburan seperti laron yang beterbangan, gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan. Kemudian Allah menjelaskan tentang amal kebaikan dan kejelekan manusia. Manusia yang berat timbangan kebaikannya akan menerima catatan amal dengan tangan kanannya dan manusia yang ringan/sedikit timbangan kebaikannya akan menerima catatan amal dari sebelah belakang. Setelah terjadinya hari kiamat ada tiga tahapan yang wajib dilalui manusia yaitu : yaumul ba’as, yaumul mahsyar dan yaumul jaza’. __ yaumul ba’as artinya dibangkitkannya seluruh manusia dari kubur. Yaumul mahsyar artinya hari berkumpulnya seluruh umat manusia mulai dari umat Nabi Adam s/d umat Nabi Muhammad SAW. Yaumul jaza’ yaitu hari pembalasan atas semua amal/perbuatan yang telah dilakukan manusia ketika masih hidup didunia.

Ayat-ayat lain yang berhubungan dengan hari kiamat :

Pada surat al-waqiah dijelaskan bahwa hari kiamat itu pasti akan terjadi dan tidak dapat didustakan/disangkal (oleh siapapapun).

Pada surat al-infitar juga dijelaskan bahwa langit akan terbelah, bintang-bintang akan jatuh berserakan, lautan dijadikan meluap dan kuburan akan terbongkar dengan sendirinya.

Pada surat at-takwir dijelaskan bahwa matahari akan gidulung, dan bintang-bintang berjatuhan, dan gunung-gunung akan dihancurkan.

Surat Az-Zalzalah

اِذَازُلْزِلَتِ اْلاَرْضُ زِلْزَالَهَا. وَاَخْرَجَتِ اْلاَرْضُ اَثْـقَالَهَا. وَقَالَ اْلاِنْسَانُ مَالَهَا. يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ اَخْـبَارَهَا. بِاَنَّ رَبَّكَ اَوْحى لَهَا. يَوْمَئِذٍ يَّصْدُرُالنَّاسُ اَشْـتَاتًا لِّـيُرَوْااَعْمَالَهُمْ. فَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْـقَالَ ذَرَّةٍخَيْرًا يَّرَه. وَ مَنْ يَّعْمَلْ مِثْـقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَّرَه. (الزلزلة : 1-8)

Artinya :

Apabila bumi digoncangkan dengan guncangan yang dahsyat, dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya, dan manusia bertanya, “apa yang terjadi pada bumi ini ? “Pada hari itu bumi menyampaikan beritanya, karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) padanya. Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan berkelompok-kelompok, untuk diperlihatkan kepada mereka (balasan) semua perbuatannya. Maka barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya, dan barang siapa mengerjakan kejahatan sebesar zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. (Q.S. az-Zalzalah :1-8)

Penjelasan Ayat

Ada beberapa kejadian yang menggambarkan kengerian akibat guncangan dahsyat itu. Diantara gambaran kejadian itu adalah sebagai berikut :

1.      Perempuan yang menyusi anaknya akan melupakan anak itu.

2.      Perempuan yang sedang hamil akan keguguran kandungannya.

3.      Manusia kebingungan sehingga seperti orang yang sedang mabuk.

Kemudian dijelaskan tentang balasan yang akan diterima manusia sesuai dengan amal mereka masing-masing. Dijelaskan dalam ayat itu, “maka barang siapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya, dan sebaliknya.

Ada dua berita yang disampaikan dalam ayat 7 dan 8 yaitu :

1.      Kabar gembira kepada orang-orang yang suka berbuat amal baik sesuai petunjuk agama.

2.      Peringatan kepada orang yang berbuat jahat, bertentangan dengan petunjuk agama.

Manusia yang berbuat baik akan diberi balasan nikmat di syurga, sedangkan yang berbuat jahat akan diberikan siksa di Neraka.

Syurga adalah tempat manusia merasakan nikmat yang tiada tara sebagai balasan amal baiknya selama hidup di dunia. Neraka ialah tempat manusia merasakan siksa yang tiada tara sebagai balasan amal buruknya selama hidup di dunia.

Tanda-tanda hari kiamat

1.      Tanda-Tanda Kecil/ Kiamat Kecil

  1. Diutusnya Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi terakhir
  2. Banyaknya terjadi bencana alam, misalnya gempa bumi, tanah longsor, dan lain-lain
  3. Jumlah kaum perempuan lebih banyak dibanding laki-laki
  4. Adanya golongan besar yang saling membunuh, namun sama-sama mengakui dirinnya untuk memperjuangkan agama islam.
  5. Fitnah yang merajalela dengan menimpa kehidupan manusia
  6. Banyaknya jumlah pembunuhan disebabkan hal yang sepele atau kecil.
  7. Segala hal atau urusan dipegang oleh bukan ahlinya.
  8. Manusia tidak memperdulikan lagi ilmu agama
  9. Adanya Laki-laki telah menyerupai wanita atau sebaliknya
  10. Timbulnya pergaulan bebas antara laki-laki dan perempuan
  11. Merajalelanya kemaksiatan
  12. Minuman keras yang merajalela.

2.      Tanda-Tanda Besar/Kiamat Besar

  1. Munculnya binatang-binatang yang dapat bicara
  2. Al-Qur'an tidak dianggap lagi sebagai pedoman hidup, melainkan hanya sekadar bahan bacaan biasa
  3. Munculnya Ya'juj dan Ma'juj, yaitu bangsa yang gemar dengan membuat kerusakan dibumi.
  4. Banyak manusia yang menjadi kufur dan murtad.
  5. Munculnya dajjal, makhluk penyebar fitnah yang membuat manusia meninggalkan agama islam.
  6. Matahari terbit dari barat dan terbenam dari arah timur.

Post a Comment for "Fenomena Alam Hari Kiamat!!!"