Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Proposal Pengembangan Fisik RKB Pondok Pesantren

Pondok Pesantren Miftahul Faizin NW Ketangga

LOMBOK - Semangat pagi para Sahabat RK, semoga tetap dalam keadaan sehat wal’afiat dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT. aamiin. 

Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan Contoh Proposal Pengembangan Fisik Pembangunan Ruang Kelas Baru bagi Pondok Pesantren yang akan mengirim proposal kepada pemerintah atau lembaga lain. 

Ruang kelas yang baik sangat mempengaruhi suasana hati pada saat Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) belangsung, ruang kelas yang baik, disertai dengan tata ruang yang bagus akan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi peserta didik sehingga tercapai tujuan pengajaran secara efektif dan efesien. 

Banyak kita temukan kondisi bangunan Fisik Pondok Pesantren terutama ruang belajar yang masih belum memenuhi Standar Kelayakan, disebabkan karena tidak adanya dana untuk membangun ruang kelas yang layak. 

Nah sebetulnya pemerintah sudah menyediakan alokasi dana bantuan untuk pengembangan fisik Pondok Pesantren banyak sekali, diantaranya Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) MCK, Perpustakaan, dan banyak lagi yang lainnya hanya saja terkadang kita tidak mengetahui kapan harus mengirim Proposal Permohonan Bantuan tersebut. 

Bagi para sahabat RK yang punya Pondok Pesantren dan mau mengajukan Proposal permohonan bantuan Pengembangan Fisik Pondok Pesantren lebih khususnya ruang Kelas kepada Pemerintah atau Lembaga lain bisa menggunakan contoh Proposal yang tersedia pada artikel ini. 

Proposal tersebut digunakan pada tahun 2019 yang lalu pada saat mengirim Proposal bantuan Pengembangan Fisik Pondok Pesantren kepada Direktur Komunikasi Bank Indonesia, Sahabat RK hanya perlu mengganti Alamat dan tanggal pengiriman proposalnya saja. 

Admin sengaja membagikan Contoh Proposal ini kepada para Sahabat RK supaya nantinya kalau dibutuhkan tinggal download saja, admin paham betul situasi kebatinan pada saat proses pembuatan Proposal Permohonan Bantuan Dana lebih-lebih kalau tidak ada contohnya. Hehe. Kebetulan admin adalah salah satu pengurus Pondok Pesantren yang sering membuat Proposal Permohonan Bantuan Dana dari Pemerintah. 

Akhir kata mudah-mudahan segala ikhtiyar yang rekan-rekan pengurus Pondok Pesantren lakukan dapat terealisasi dengan mendapatkan bantuan dana dimaksud. aamiin.

2 comments for "Proposal Pengembangan Fisik RKB Pondok Pesantren"

  1. Kalau untuk Taman kanak kanak ( TK ) bisa Ndak kita usulkan , karena kami di sini di lembaga gedung kami sama sekali tidak layak .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga, yang penting kuota utk bantuan itu ada, karena menurut pengalaman biasanya peruntukan bantuannya sudah ditentukan. 🙏🙏🙏

      Delete