Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sah!!! Penyaluran Bansos BPNT Kembali ke Pelukan HIMBARA


Pihak PT. Pos koordinasi kepada Dinsos Lotim untuk Penyaluran bansos BPNT

LOMBOK – Oleh Kementrian Sosial RI, Penyaluran bansos BPNT terhitung periode Januari, Februari dan Maret diberikan kepercayaan kepada Pihak PT. Pos Indonesia untuk menyalurkannya kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bansos BPNT. 

Bansos periode Januari, Februari dan Maret yang percayakan penyalurannya oleh Pihak PT. Pos Indonesia diberikan kepada KPM dalam bentuk Tunai yaitu uang tunai senilai Rp. 600 ribu dengan rincian 200.000 perbulan, sehingga total yang diterima KPM senilai 600.000.


Bansos Periode Januari, Februari dan Maret oleh Kementrian Sosial RI diminta untuk dipercepat penyalurannya, sehingga Kemensos mengambil kebijakan untuk memberikan pihak PT. Pos Indonesia sebagai penyalurnya dalam bentuk Tunai.

Penyaluran bansos BPNT Tunai Periode Januari, Februari dan Maret disimpulkan berjalan dengan baik dan lancar dengan segala kendala-kendala yang didapatkan di lapangan, akan tetapi tidak membuat pelaksanaan penyaluran terhenti.

Namun pada tanggal 31 Maret 2022 bulan kemarin Kementrian Sosial RI melalui Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin mengeluarkan surat dengan perihal “Pemberitahuan Penyaluran Bantuan Sosial Program Sembako” yang isinya menyampaikan bahwa penyaluran bansos BPNT untuk bulan April, Mei dan Juni 2022 disalurkan melalui dua lembaga yaitu HIMBARA dan PT. Pos Indonesia.

Dapat disimpulkan bahwa penyaluran untuk periode kedua yaitu bulan April, Mei dan Juni disalurkan oleh dua lembaga yaitu pihak Himpunan Bank Negara (HIMBARA) dan PT. Pos Indonesia.

Menurut informasi terbaru dari Pihak Dinas Sosial Provinsi dan dikuatkan oleh Pihak PT. Pos Indonesia bahwa penyaluran bansos BPNT khsusus bulan “April” akan disalurkan dengan mekanisme non tunai dan disalurkan lewat BANK.


Untuk daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat bansos BPNT Non Tunai bulan "April" akan disalurkan melalui HIMBARA yaitu Bank BRI, sebagaimana yang sudah biasa dilakukan pada tahun 2021 ke bawah.
Bansos BPNT non tunai yang disalurkan melalui Bank Himbara dalam hal ini di NTB memakai Bank BRI, KPM akan diberikan berupa sembako seperti tahun tahun sebelumnya dengan nilai uang Rp. 200.000
Adapun kemudian untuk bulan “Mei” penyaluran bansos BPNT tetap akan disalurkan oleh PT. Pos Indonesia dalam bentuk uang tunai sebanyak 200.000.


Untuk Proses transaksi pembayaran dana bansos BPNT tunai oleh Pihak PT. Pos Indonesia dilakukan dengan Scan Barcode, Face Recognation, Foto Penerima+KTP, Foto rumah KPM serta Geo Tagg rumah KPM

Syarat pengambilan dana bansos BPNT dengan penyalur PT. Pos Indonesia yaitu cukup membawa KTP, KK, dan surat undangan Scan Barcode yang diberikan oleh Pihak Pos kepada KPM sebelum jadwal pengambilan kuota dana bansos tersebut.

Post a Comment for "Sah!!! Penyaluran Bansos BPNT Kembali ke Pelukan HIMBARA"