Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengajian Ancab NW Ketangga. Sambung Silaturrahmi yang Terputus

Pengajian Ancab NW Ketangga. Sambung Silaturrahmi yang Terputus

Pengajian Ancab NW Ketangga – Pengurus Anak Cabang NW Ketangga Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur kembali mengadakan Pengajian Bulanan yang dirangkaikan dengan Halal Bihalal.

Pada kesempatan kali ini Pengajian Bulanan dan Halal Bihalal dilaksanakan di Pondok Pesantren Miftahul Faizin NW Ketangga Kecamatan Suela, Jum'at 20 Mei 2022


Pengurus Anak Cabang NW Ketangga Kecamatan Suela telah melaksanakan program Pengajian Bulanan yang dilaksanakan di masing-masing Ranting yang ada di wilayah desa Ketangga secara keliling bergantian setiap bulan.

Kegiatan Pengajian bulanan yang dilaksanakan oleh Pengurus Ancab NW Ketangga sampai saat ini sudah berjalan 5 tahun sejak pertama kali diadakan pada tahun 2018 silam.

Ketua Pengurus Anak Cabang NW Ketangga “ust. Abdul Hadi” mengatakan bahwa program Pengajian bulanan ini akan terus kami laksanakan setiap bulan sebagai salah satu bentuk bakti kami kepada Nahdlatul Wathan.

Pengajian bulanan ini adalah salah satu dari peninggalan guru besar kami Maulana Syeikh TGKH. M. Zainuddin Abdul Majid selaku Pendiri Nahdlatul Wathan, yang mana selama hayat beliau selalu keliling di setiap desa dan dusun untuk mengajarkan ilmu agama kepada warga Nahdlatul Wathan pada khsusnya dan masyarakat pada umumnya.

Adapun sebagai narasumber atau yang mengisi materi kajian disetiap pengajian yang kami laksanakan adalah TGH. Lukmanul Hakim, QH., MA, beliau adalah salah satu Masyaikhul Ma’had Darul Qur’an Wal Hadits di Anjani.

Pada kegiatan Pengajian dihadiri oleh Pengurus Cabang NW Kec. Suela, Pengurus Anak Cabang NW Ketanga, Pengurus Cabang dan Anak Cabang Pemuda NW Kec. Suela, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan jamaah Nahdlatul Wathan yang ada di Desa Ketangga dan Selaparang.

Dalam teknis pelaksanaan pengajian sudah diatur oleh Panitia Pengajian menjadi 2 (dua) season, pertama penyampaian Materi Pengajian, kedua Tanya Jawab interaktif.

Dalam penyampaiannya saat mengisi kajian mengatakan kita harus tetap saling maaf memaafkan, menjaga silaturrahmi, menjaga hubungan baik diantara sesama, lebih-lebih pada saat ini bulan syawal masih momen idul fitri 1443 H.

Manusia tidak akan pernah lepas dari yang namanya kesalahan dan dosa, biasanya, hal ini bisa menyebabkan suatu hubungan terputus. Untuk menyambungkan tali yang sudah terputus, umat muslim dianjurkan untuk bersilaturahmi.


Sesungguhnya Allah SWT tidak akan mengampuni seorang hamba kalau sesama hamba belum selesai urusannya, untuk itu kita harus menjaga hubungan baik antara sesama.

Lebih lanjut disampaikan beberapa manfaat halal bihalal atau menyambung silaturahmi antar sesama dalam kehidupan sehari-hari antara lain :
  1. Memanjangkan umur
  2. Mempermurah rezeki.
  3. Menjaga kerukunan dan keharmonisan
  4. Membuat hati menjadi tenang
  5. Dijauhkan dari api neraka

1 comment for "Pengajian Ancab NW Ketangga. Sambung Silaturrahmi yang Terputus"

  1. Silaturahmi memang harus selalu dibangun demi keharmonisan sesama muslim, juga banyak manfaat yang terkandung didalam silaturahmi itu sendiri yang masih banyak orang-orang belum ketahui manfaat secara langsung terkait manfaat silaturahmi tsb

    ReplyDelete