Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Syarat Utama Calon Penerima Bansos Kemensos Rp200 Tahun 2022, Cek Disini

Syarat Utama Calon Penerima Bansos Kemensos Rp200 Tahun 2022, Cek Disini

Syarat Utama Calon Penerima Bansos – Bantuan Sosial (bansos) sampai saat ini tetap menjadi primadona untuk didapatkan oleh sebagian besar masyarakat, utamanya masyarakat yang tergolong kategori tidak mampu atau miskin.

Memang tidak bisa dipungkiri manfaat yang didapatkan oleh penerima bansos itu sendiri sangatlah besar, salah satunya bisa mengurangi beban pengeluaran atau belanja keluarga setiap bulan.

Dengan mendapatkan bansos baik itu bansos PKH maupun BPNT maka secara otomatis kebutuhan keluarga penerima manfaat setiap bulannya akan sangat terbantu.

Sehingga tidak mengherankan kalau banyak sekali masyarakat yang sangat menginginkan mendapatkan bansos PKH maupun BPNT walaupun mereka tergolong dari keluarga mampu atau kaya.

Bagi keluarga penerima bansos PKH maupun BPNT tentunya merasa bahagia tingkat tinggi karena peran bansos PKH maupun BPNT tersebut sangatlah besar sekali dalam mengurangi beban pengeluaran penerimanya.

Syarat Utama Calon Penerima Bansos

Untuk bisa menjadi penerima bansos PKH maupun BPNT tentunya harus memenuhi syarat-syarat yang sudah ditentukan oleh pemerintah dalam hal ini melalui Kementrian Sosial RI.

Syarat tersebut bersifat wajib bagi penerima bansos PKH maupun BPNT jika ingin mendapatkan bantuan secara rutin.

Selama belum memenuhi syarat-syarat yang sudah ditentukan tersebut maka jangan berharap untuk mendapatkan bansos PKH mapun BPNT.

Bahkan kalaupun sudah memenuhi syarat-syarat tersebut tidak serta merta akan langsung mendapatkannya, kenapa bisa begitu karena keterbatasan kuota yang ada dan banyaknya dari masyarakat yang sudah memenuhi persyaratan.

Sehingga Kementrian Sosial tidak bisa memberikan semua yang sudah memenuhi persyaratan, akan tetapi diambil dari keluarga yang sangat miskin dan sebagai data acuan adalah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

Dibawah ini merupakan syarat-syarat yang dimaksud diatas sebagai syarat utama sebagai penerima bansos PKH mapun BPNT diantaranya :
  1. WNI (Warga Negara Indonesia)
  2. Memiliki e-KTP dan sudah padan
  3. Tergolong masyarakat miskin atau rentan miskin
  4. Terdaftar di DTKS.
  5. Usia diatas 40 tahun

Syarat Terbaru sebagai Calon Penerima Bansos

Sebagaimana diketahui bahwa pada bulan Juli kemarin Menteri Sosial sudah membuat kebijakan baru terkait dengan syarat tambahan sebagai penerima bansos PKH mapun BPNT.

Syarat tambahan tersebut adalah calon penerima bansos PKH maupun BPNT wajib sudah berusia diatas 40 tahun.

Jadi secara aturan keluarga penerima manfaat yang masih berusia 40 tahun secara otomatis sudah tidak akan menerima bantuan sosial lagi, khususnya PKH maupun BPNT.

Jumlah bantuan bansos PKH dan BPNT

Jumlah dana bantuan bansos PKH tidak sama antara keluarga penerima manfata yang satu dengan keluarga lainnya.

Besaran yang diterima oleh kelurga penerima manfaat bansos PKH adalah sesuai dengan komponen yang ada dalam keluarga tersebut, ada yang dapat 1 juta, 2 juta atau lebih.

Kalau bansos BPNT sudah dipatok setiap keluarga penerima bantuan akan mendapatkan dan non tunai sebesar Rp. 200.000.

Bantuan tersebut akan diterima setiap bulan dan setiap keluarga penerima manfaat wajib membeli sembako denga komuditi yang sudah ditentukan oleh Kementrian Sosial.

Post a Comment for "Syarat Utama Calon Penerima Bansos Kemensos Rp200 Tahun 2022, Cek Disini"