Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu KKS, Manfaat dan Cara Memperolehnya

Apa Itu KKS, Manfaat dan Cara Memperolehnya

Apa Itu KKS – Memiliki KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) bagi sebagian orang terutama orang-orang dengan kategori miskin sangatlah diharapkan, karena dengan memilikinya maka kemungkinan besar akan mendapatkan bansos dari pemerintah.

Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) memiliki bentuk fisik seperti ATM pada umumnya dan merupakan alat untuk mengambil bansos PKH atau BPNT yang diterbitkan oleh pemerintah melalui Bank HIMBARA (Himpunan Bank Milik Negara)

Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) diterbitkan oleh pihak bank yang sudah ditunjuk oleh pemerintah menangani program bansos yaitu bank HIMBARA (Himpunan Bank Milik Negara) yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN.

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH atau BPNT wajib memiliki KKS, karena sampai saat tulisan ini dimuat KKS merupakan alat untuk mengambil bansos PKH atau BPNT.

Dengan begitu KKS merupakan barang berharga bagi para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH atau BPNT, karena tanpa alat itu maka pencairan bansos tidak akan berjalan dengan lancar seperti biasanya.

Maka sepatutnyalah bagi para penerima bansos PKH atau BPNT menyimpan benda sakti tersebut dengan sebaik-baiknya, sehingga jangan sampai hilang atau jatuh pada pendekar berwatak jahat.

Manfaat KKS bukan hanya mentok untuk mengambil bansos PKH atau BPNT saja akan tetapi ada beberapa manfaat yang belum diketahui oleh pemegang KKS itu sendiri.

Diantara manfaat KKS selain untuk mengambil bansos PKH atau BPNT adalah sebagai berikut :

Manfaat Memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)

  1. Sebagai alat pengambilan bansos PKH dan BPNT (sampat saat ini KKS merupakan salah satu alat untuk mencairkan bansos)
  2. Tarik Tunai (dengan memiliki KKS pemegangnya bisa melakukan pengambilan uang secara tunai layaknya ATM biasa melalui mesin ATM atau mesin EDC yang sudah tersebar di berbagai tempat)
  3. Setor Tunai (dengan memiliki KKS pemegangnya juga bisa menggunakannya menabung uang layaknya ATM biasa melalui mesin ATM atau mesin EDC yang sudah tersebar di berbagai tempat)
  4. Cek Saldo Rekening (Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bisa juga melakukan pengecekan saldo kapanpun dan dimanapun sesuai keperluan melalui CS bank atau lewat ATM.
  5. Cek Mutari Rekening (kartu KKS juga bisa digunakan untuk mengecek mutari rekening bansos PKH atau BPNT lewat mesin ATM, EDC atau bisa juga langsung ke bank penyalur bansos tersebut)
  6. Transfer atau terima uang (selain bisa untuk menyetor atau menabung untuk diri sendiri KKS juga bisa digunakan untuk mentransfer uang ke rekening orang lain layaknya seperti punya Rekening biasa pada umumnya, bisa juga digunakan untuk menerima transfer dari rekening orang lain.
  7. KKS juga bisa digunakan untuk uang elektronik, kartu debit atau ATM yang bisa digunakan untuk transaksi perbankan seperti menarik saldo, beli pulsa, membayar tagihan, dan sejenisnya.

Syarat-syarat mendapatkan KKS

Tidak semua masyarakat akan diberikan KKS oleh pemerintah, akan tetapi mereka yang dapat adalah yang sudah memenuhi kriteria dan syarat-syarat yang telah ditentukan, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Warga Negara Indonesia
  2. Tergolong Keluarga Miskin
  3. Terdaftar di DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) kemensos
  4. Penerima bansos PKH dan atau BPNT

Cara Mendapatkan KKS

Sebagaimana diketahui memiliki KKS merupakan impian bagi masyarakat miskin, mengingat KKS merupakan barang sakti maka banyak sekali masyarakat yang ingin memilikinya.

Jika ingin memiliki KKS, bisa dicoba lakukan beberapa langkah-langkah dibawah ini, antara lain :
  1. Harus sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)
  2. Kalau belum terdaftar segera Daftarkan diri melalui Pemerintah Desa atau via Online lewat aplikasi yang sudah disiapkan oleh kemensos.
  3. Jika sudah mendaftar atau sudah terdaftar di DTKS maka pantau terus update datanya melalui aplikasi cek bansos yang sudah disiapkan oleh kemensos
  4. Perbanyak do’a supaya ditakdirkan mendapatkan bansos dari pemerintah, karena dengan mendapatkan bansos maka otomatis akan mendapatkan kartu KKS

Post a Comment for "Apa Itu KKS, Manfaat dan Cara Memperolehnya"