Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 (tujuh) bansos pemerintah yang akan cair pada bulan ini, cek daftarnya disini

7 (tujuh) bansos pemerintah yang akan cair pada bulan November ini, cek daftarnya disini

Pemerintah pusat melalui beberapa kementrian terus memberikan bantuan sosial kepada masyarakat terutama kepada keluarga yang memenuhi kriteria dan syarat yang sudah ditetapkan sebagai penerima bantuan sosial tersebut.

Bantuan sosial tersebut diberikan akibat dari dampak yang ditimbulkan akibat covid 19 yang melanda dunia dan ada juga bantuan sosial yang diberikan sebagai bentuk langkah mengentaskan kemiskinan.

Bantuan sosial PKH dan BPNT merupakan dua contoh bantuan sosial yang diberikan kepada masyarakat dengan kondisi ekonomi lemah sebagai langkah pemerintah mengentaskan kemiskinan.

Adapun selain dari dua bansos tersebut yang diberikan oleh pemerintah lebih merupakan bantuan yang diberikan akibat adanya wabah yang melanda dunia 2 tahun yang lalu bahkan sampai saat ini yaitu covid 19.

Rencananya bantuan sosial yang akan diberikan pemerintah pada bulan November tahun 2022 ini, tentunya kepada mereka yang telah memenuhi syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan :

Berikut ini 7 (tujuh) bantuan sosial yang akan diberikan dan cairkan pada bulan November ini, diantaranya :

1. Bansos Permakanan

Bantuan Sosial Permakanan merupakan salah satu bantuan sosial dalam bentuk makanan siap saji yang diberikan kepada penyandang kesejahteraan sosial.

Sasaran penyandang kesejahteraan sosial yang dimaksud adalah lanjut usia keluarga tunggal dan penyandang disabilitas tunggal.

Nilai besaran yang akan didapatkan adalah Rp. 21 ribu setiap hari namun tidak dalam bentuk uang tunai, bantuan sosial Permakanan tersebut akan diberikan selama 10 hari.

2. BLT Dana Desa

BLT Dana Desa ini akan dihapus tahun depan, di mana penghapusan BLT Dana Desa akan dialihkan ke bantuan sosial lainnya. BLT Dana Desa 2023 akan dihapus jika anggaran untuk penangangan Covid-19 tahun depan sudah tidak ada.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi A Halim Iskandar mengungkapkan, bahwa BLT pada 2023 kemungkinan masih dianggarkan, namun bukan untuk penanganan pandemi yang penyalurannya lebih lebih luas, akan tetapi khusus untuk penanganan kemiskinan ekstrem.

3. BLT Nelayan

Nelayan juga akan mendapatkan BLT sebesar Rp150 ribu per bulan. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) bakal menyalurkan dana BLT sebesar Rp 150.000 per bulan kepada para nelayan yang terdampak kenaikan harga BBM, di mana kebijakan tersebut diambil setelah Pemprov Jabar bersama stakeholder terkait menggelar Rapat Koordinasi Rencana Penyaluran BBM bagi Nelayan.

4. Bansos PKH

Bantuan Sosial PKH yang akan akan cair pada bulan November ini merupakan pencairan triwulan ke IV untuk bulan Oktober, November dan Desember.

Bansos PKH yang sudah direalisasikan sampai dengan akhir Triwulan III ini sudah disalurkan sebanyak Rp 21,3 triliun atau 74,3 persen dari anggaran tersebut.

5. Bansos BNPT

Pada tahun ini bantuan sosial BPNT disalurkan melalui PT Pos Indonesia (Persero), dan Bank Himbara, di mana besaran bantuan BPNT 2022 ini adalah sebesar Rp 2,4 juta per tahun, senilai Rp200 ribu per bulan.

6. BSU Subsidi Gaji

BLT subsidi gaji atau BSU 2022 tahap 7 juga akan cair bulan ini, di mana ada sebanyak 3,6 juta pekerja akan menerima BSU tahap 7. Kementerian Ketenegakerjaan berencana akan melanjutkan penyaluran BSU tahap ke 7 sebesar Rp 600 ribu kepada pekerja yang memenuhi syarat sesuai peraturan yang ada.

7. BLT UMKM 2022

BLT UMKM akan cair Oktober sampai dengan Desember 2022 sebesar Rp 600.000. Perlu diketahui, BLT UMKM ini berasal dari anggaran belanja wajib daerah untuk pelindungan sosial.

Post a Comment for "7 (tujuh) bansos pemerintah yang akan cair pada bulan ini, cek daftarnya disini"