Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pahamilah 2 Kebahagiaan Tiada Tara yang Didapatkan Bagi yang Berpuasa


Pahamilah 2 Kebahagiaan Tiada Tara yang Didapatkan Bagi yang Berpuasa

2 Kebahagiaan Bagi yang Berpuasa – Bulan ini merupakan bulan yang penuh berkah bagi ummat islam di seluruh penjuru dunia, yaitu bulan Ramadhan. Pada bulan ini semua orang muslim mengerjakan puasa Ramadhan, termasuk di Indonesia.

Mendapatkan kesempatan untuk mengerjakan puasa Ramadhan merupakan kebahagian tiada tara bagi diri ummat islam pada umumnya. Lebih khsusus bagi orang-orang yang beriman, karena didalamnya terdapat banyak sekali keutaman dan keistimewaan yang tidak terdapat pada bulan-bulan yang lain.

Terdapat banyak sekali keutamaan dan keistimewaan yang didapatkan bagi mereka yang mengerjakan puasa ramadhan pada tahun ini, pada umumnya orang yang mengerjakan ibadah puasa akan mendapatkan balasan kebaikan 10 kali lipat.

Sementara itu, dalam riwayat Imam Muslim disebutkan bahwa setiap amal perbuatan anak Adam yakni manusia itu, yang berupa kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya dengan sepuluh kalinya sehingga tujuh ratus kali lipatnya.

Banyak sekali keutamaan dan keistimewaan yang didapatkan oleh orang yang mengerjakan puasa diantaranya adalah :

Mendapat Balasan Langsung dari Allah

("Orang yang berpuasa itu meninggalkan makan, minum dan syahwatnya karena taat pada perintahKu Allah. Puasa adalah untuk Ku (Allah) dan Aku akan memberikan balasannya, sedang sesuatu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipat gandanya." (HR Imam Bukhari).

Masuk Surga Melalui Pintu Rayyan

(Dari Sahl bin Sa'ad RA., dari Nabi Muhammad SAW., sabdanya: "Sesungguhnya di dalam surga itu ada sebuah pintu yang disebut pintu Rayyan. Artinya: puas dan kenyang minum. Dari pintu ini masuklah semua orang yang berpuasa besok pada hari kiamat. Tidak ada seorang yang selain orang-orang yang berpuasa itu yang dapat masuk dari pintu itu.

Dikatakanlah: "Manakah orang-orang yang berpuasa." Mereka itu lalu berdiri, lalu tidak seorangpun yang dapat masuk dari pintu Rayyan tadi selain orang-orang yang berpuasa. Jikalau mereka telah masuk seluruhnya, lalu pintu itupun ditutup, sehingga tidak seorangpun lagi yang dapat memasukinya," (muttafaq 'alaih).

Sehari Berpuasa Dijauhkan 70 Tahun dari Neraka

Ada banyak keutamaan puasa diantaranya dijauhkan dari api neraka. Dari Abu Said RA.: "Rasulullah SAW., bersabda: "Tiada seorang hambapun yang berpuasa sehari dengan niat fisabilillah yakni semata-mata menuju kepada ketaatan kepada Allah-, melainkan Allah akan menjauhkan wajahnya -yakni dirinya- karena puasanya tadi, sejauh perjalanan tujuh puluh tahun dari neraka," (muttafaq 'alaih).

Diampuni Dosa-dosa Terdahulu

Dari Abu Hurairah RA. bahwasanya Nabi SAW., bersabda: "Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena didorong oleh keimanan dan mengharapkan keridhaan Allah, maka diampunkanlah untuknya dosa-dosanya yang terdahulu"(muttafaq 'alaih).

Ada Keberkahan didalam Makan Sahur

Dari Anas RA. berkata: Rasulullah SAW., bersabda: "Makan sahurlah kalian, karena pada makan sahur itu terdapat keberkahan" (HR Muslim).

Dari sekian banyak Keutamaan, keistimewaan dan kebahagiaan di atas yang akan didapatkan bagi orang yang berpuasa, ada 2 kebahagiaan yang tiada tara yang didapatkan oleh orang yang berpuasa yaitu Saat berbuka puasa dan melihat Allah SWT nanti di akhirat.

Saat berbuka puasa merupakan saat saat yang ditunggu-tunggu bagi yang berpuasa, karena sudah seharian tidak makan dan minum menahan lapar dan dahaga, sehingga tidak salah kalau momen berbuka puasa merupakan kebahagiaan tersendiri. berbuka puasa adalah bentuk kesempurnaan atas puasanya, akhir dari ibadahnya, dan bentuk keringanan dari Tuhan serta pertolongan untuk puasa selanjutnya.

Rasulullah SAW bersabda :

لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ: فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ، وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ

“Orang yang berpuasa akan meraih dua kegembiraan, kegembiaran ketika berbuka puasa/berhari raya, dan kegembiraan ketika bertemu Tuhannya,” (HR Muslim).

Dalam Marqatul Mafatih dijelaskan, dua kegembiraan itu meliputi di dunia dan di akhirat. Pertama, kegembiraan saat berbuka karena telah terbebas dari tanggungan perintah Allah atau sebab mendapatkan pertolongan dapat menyempurnakan puasa atau sebab dapat makan dan minum sesudah menahan lapar dan dahaga atau sebab meraih pahala yang diharapkan. Kedua, kegembiraan saat bertemu Tuhan sebab mendapatkan balasan amal puasa, mendapatkan pujian, atau keberuntungan dapat berjumpa dengan Allah.

Post a Comment for "Pahamilah 2 Kebahagiaan Tiada Tara yang Didapatkan Bagi yang Berpuasa"