Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pedoman Puasa 5 : Ini dia Nama-nama Lain Dari Bulan Ramadhan yang Penting diketahui


NAMA-NAMA LAIN BULAN RAMADHAN


NAMA-NAMA LAIN BULAN RAMADHAN - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling istimewa diantara 12 bulan yang ada di dalam Kalender Hijriah, namun tidak banyak yang mengetahui keistimewaan tersebut, salah satu dari sekian banyak keistimewaan itu adalah bulan Ramadhan memiliki beberapa nama lain yang mencerminkan keberkahan Ramadhan yang dapat diraih bagi yang menjalaninya dengan benar.

Jika sudah mengetahui keistimewaan tersebut, maka seyogyanya ummat muslim menyambut bulan ramadhan dengan riang gembira, penuh suka cita dan tentunya mengerjakan amalan-amalan yang dianjurkan dilakukan dan ditingkatkan pada bulan tersebut.

Pada bulan ini, ummat Muslim diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh, yaitu menahan diri dari nafsu, makan, dan minum dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Ramadhan sendiri identik dengan bulan yang penuh dengan cuaca yang cukup panas dan terik.

Jika ummat Muslim yang riang gembira atas datangnya bulan suci Ramadhan dan mengisinya dengan segala amalan serta ibadah kepada Allah sebagaimana yang sudah dianjurkan, maka akan diharamkan tubuhnya dari api neraka. Sebagaimana dalam sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya:

“Barangsiapa yang bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, maka Allah akan mengharamkan jasadnya dari api neraka.” (HR. Nasa’i)

Dengan demikian, Ramadhan adalah tamu yang sangat agung yang selalu dinanti oleh kaum Muslimin di seluruh dunia.

Ramadhan juga identik dengan nama-nam lain yang lazim untuk dinisbatkan kepadanya. Nama-nama lain yang lazim dinisbatkan kepada bulan Ramadhan juga bisa memberikan hikmah dan arahan bagi manusia dalam memaknai dan mengisi bulan Ramadhan.

Ada beberapa hikmah dari bulan Ramadhan yang penuh berkah ini yang sesuai dengan nama-namanya dan penting untuk diketahui.

Berikut ini, admin akan menguraikan beberapa nama-nama lain dari bulan Ramadhan yang penting untuk diketahui.

Nama-nama Lain dari Bulan Ramadhan yang penting untuk diketahui

Mengutip buku Memantaskan Diri Menyambut Bulan Ramadhan oleh Abu Maryam Kautsar Amru, dan buku Pedoman Puasa oleh Teungku Muhammad Hasbi Ash Shiddieqe terdapat beberapa nama lain bulan Ramadhan yang harus diketahui oleh umat Muslim, antara lain yaitu:

1. Syahrul Mubarok (bulan yang penuh keberkahan)

Disebut sebagai Syahrul Mubarok karena di dalamnya ada banyak kebaikan dan keberkahan yang bisa didapatkan. Baik itu kebaikan untuk diri sendiri maupun yang bersifat sosial.

Keberkahan lainnya yakni adanya malam Lailatul Qadar yang akan tiba di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Seperti yang diketahui, pada malam tersebut terdapat nilai ibadah yang lebih baik dari 1000 bulan. Jelas ini menjadi berkah yang luar biasa bagi umat Muslim guna mempersiapkan timbangan amal di akhirat kelak. malam Lailatul Qadar biasanya turun pada tanggal ganjil.

2. Syahrul Qiyaam (bulan didirikannya sholat)

Selama bulan Ramadhan, Allah SWT akan melipatgandakan pahala atas amal kebaikan dan ibadah yang dikerjakan umatnya. Oleh karena itu, tidak sedikit umat Muslim yang meramaikan setiap malam di bulan Ramadhan dengan ibadah sholat tarawih.

3. Syahrul Quran (bulan Alquran)

Alquran diturunkan pertama kali pada bulan Ramadhan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril. Alquran diturunkan sebagai petunjuk bagi manusia untuk menjelaskan mana yang haq dan yang bathil.

Karenanya, pada bulan Ramadhan umat Islam dianjurkan untuk selalu membaca dan mengamalkan Alquran guna meraih keberkahan hidup.

4. Syahrul Ibadah (bulan ibadah)

Dinamakan sebagai bulan ibadah sebab pahala beribadah di bulan Ramadhan ini berbeda dengan pahala di bulan lain. Oleh karena itu, hendaknya untuk selalu memperbanyak ibadah-ibadah sunnah di samping ibadah wajib. Misalnya menunaikan sholat sunnah dhuha, rawatib, dan tarawih (qiyamullail), serta membaca Alquran, karena segala pahala yang dilakukannya akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

5. Syahrul Ghufron (bulan penuh pengampunan)

Selain penuh keberkahan, bulan Ramadhan juga dikenal sebagai bulan yang penuh dengan pengampunan dari Allah SWT. Pada bulan ini, Allah SWT membuka pintu pengampunan seluas-luasnya dan pembebasan dari api neraka bagi siapa saja yang memohon ampunan atas dosa-dosa yang dilakukan semasa hidup.

6. Syahrush Shobr (bulan kesabaran)

Nama lain dari bulan Ramadhan adalah bulan kesabaran atau Syahruh Shobr. Sebab, bulan Ramadhan adalah momen untuk mendidik, melatih, dan menempa pribadi seorang Muslim untuk selalu bersabar. Yakni, bersabar dalam menunaikan ketaatan, menjauhi kemaksiatan, dan ketika ditimpa musibah agar dirinya menjadi orang yang beruntung di hadapan Allah SWT.

7. Syahrul Jud (bulan memberi atau bulan kedermawanan)

Bulan Ramadhan juga dinamakan dengan bulan memberi, bermurah tangan, dan berbuat kebaikan kepada manusia atau membantu para fakir miskin. Jadi, untuk memperoleh keutamaan bulan suci ini dari Allah SWT, umat Muslim dianjurkan agar selalu bermurah hati untuk menolong dan membantu sesama.

8. Syahrut Tarbiyah (bulan pendidikan dan pembinaan)

Bulan Ramadhan disebut dengan bulan pendidikan karena pada bulan ini umat Muslim dididik langsung oleh Allah SWT. Antara lain makan pada waktu yang telah ditetapkan, selalu sabar, menghindari kemaksiatan, banyak melakukan ibadah, berkelakuan baik, dermawan, dan amalan lainnya.

9. Syahrullahi (Bulan Allah)

Bulan ini Allah sandarkan kepada diri-Nya sendiri, karenanya bulan ini dinamakan bulan Allah.

10. Syahrul Ala’i

bulan yang penuh kenikmatan dan limpahan karunia

11. Syahrun Najah

Bulan pelepasan dari azab neraka

12. Syahrul Muwasah

Bulan memberikan pertolongan kepada yang berhajat

13. Syahrush Shiyam

Bulan puasa, bulan melaksanakan ibadah yang Allah sandarkan kepada diri-Nya sendiri

14. Syahrur Rahmah

Bulan Allah limpahkan rahmat-Nya kepada hamba-Nya

15. Syahrul id

Bulan yang merayakan hari berbuka

Post a Comment for "Pedoman Puasa 5 : Ini dia Nama-nama Lain Dari Bulan Ramadhan yang Penting diketahui"