Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lakukan Langkah ini, Bansos PKH Dan BPNT akan Mendekat Kepada Anda

Lakukan Langkah ini, Bansos PKH Dan BPNT akan Mendekat Kepada Anda
ATM Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) PKH/PNTN


LOMBOK - Siapa sih yang tidak ingin dapat Bantuan PKH dan BPNT, kebanyakan dari masyarakat indonesia sangat menginginkan dirinya mendapatkan bansos berupa PKH dan BPNT, karena bantuan ini memang menjari primadona dikalangan masyarakat.

Tidak bisa dipungkiri bahwa bansos PKH dan BPNT memang benar bisa menjadi bantuan yang sangat berdampak besar dalam mengurangi beban hidup masyarakat, tentunya utamanya bagi para pemerimanya yang biasa disebut KPM (keluarga penerima manfaat).

Maka tidak heran kalau banyak orang yang kategori ekonominya sudah menengah ke atas bahkan sudah terbilang kaya masih menginginkan untuk bisa menikmati yang namanya bansos PKH dan BPNT. Bansos PKH dan BPTN memang benar-benar menjadi primadona di masyarakat. Hehehe.


Lalu kemudian pertanyaan yang muncul adalah bagaimana caranya supaya saya juga bisa mendapatkan bansos PKH dan BPNT itu, biar bagaimanapun saya juga merasa berhak mendapatkannya.

Nah bagi para sabahat RK yang ingin mendapatkan bantuan PKH dan BPNT atau ingin supaya keluarganya dapat maka wajib melakukan langkah-langkah dibawah ini, mengingat ini adalah sebagai syarat mutlak sebagai calon penerima bansos PKH dan BPNT.

Akan tetapi setelah melakukan langkah dibawah ini jangan sampai abai, jangan merasa karena sudah melakukannya maka merasa wajib akan dapat, ingat langkah di bawah ini adalah salah satu bentuk ikhtiyar saja, yang menentukan dapat atau tidaknya yaitu Allah SWT melalui Kementrian Sosial RI.

Tindakan yang harus dilakkan setelah melakukan langkah di bawah ini adalah dengan memperbanyak berdo’a kepada Allah SWT supaya lebih cepat mendapatkan jatah bansos PKH dan BPNT. Karena untuk mendapatkan rezeki itu tidak hanya cukup dengan ikhtiyar saja akan tetapi harus dibarengi dengan do’a.

Adapun langkah yang dimaksud untuk bisa mendapatkan bansos PKH mapun BPNT adalah dengan mendaftarkan diri masuk ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), karena setiap orang yang mendapatkan bansos PKH maupun BPNT wajib masuk dalam data DTKS tersebut, karena pemerintah melalui kementrian sosial RI mewajibkan syarat mutlak mendapatkan bansos di kementrian sosial adalah sudah terdaptar di DTKS.

Lalu kemudian bagaimana caranya supaya bisa terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)??? nih admin kasih bocoran caranya antara lain sebagai berikut :
  1. Masyarakat (fakir miskin) mendaftarkan diri ke Desa/Kelurahan setempat dengan membawa KTP dan KK.
  2. Selanjutnya akan dilakukan Musyawarah di tingkat Desa/Kelurahan untuk membahas kondisi warga yang layak masuk ke dalam DTKS
  3. Hasilnya akan dibuatkan Berita Acara yang ditandatangani oleh Kepala Desa/Lurah dan perangkat desa lainnya
  4. Berita Acara kemudian digunakan oleh Dinas Sosial untuk melakukan verifikasi dan validasi data dengan instrumen lengkap melalui kunjungan rumah tangga
  5. Data yang telah diverifikasi dan validasi kemudian diinput di aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS) oleh Operator SIKS NG Desa/Kecamatan
  6. Data yang sudah diinput di SIKS NG akan diproses oleh Dinas Sosial untuk verifikasi dan validasi lapor kepada Bupati/Walikota
  7. Bupati/Walikota menyampaikan hasil verifikasi dan validasi Data yang telah disahkan kepada Gubernur untuk diteruskan kepada Menteri
Baca Juga : Kemensos Libatkan Mahasiswa Perbaiki DTKS dan Anggarkan Rp 178 Milyar

Demikian tata cara supaya bisa terdaftar di DTKS. Untuk itu bagi para Sahabat RK yang belum terdaftar di DTKS dan memang tergolong keluarga tidak mampu atau miskin bisa melakukan langkah-langkah diatas.

Post a Comment for "Lakukan Langkah ini, Bansos PKH Dan BPNT akan Mendekat Kepada Anda"