Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pedoman Puasa : 7 (tujuh) keistimewaan dan keutamaan bulan suci ramadhan tahun 1443 H, cek disini


LOMBOK – Alhamdulillah tak terasa mulai besok hari Ahad, 03 April 2022 merupakan hari pertama umat muslim akan melaksanakan ibadah puasa ramadhan tahun 1443 H sesuai hasil sidang isbat pemerintah melalui Kementrian Agama RI.

Terdapat banyak sekali keistimewaan dan keutamaan bulan Ramadhan, di dalam Al Quran dan hadits sudah banyak dijelaskan dan tentunya sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga kita, utamanya umat muslim.

Bulan suci Ramadhan menjadi momen yang paling dinanti nantikan dan dirindukan oleh umat muslim di seluruh dunia, begitu juga yang ada di Indonesia.


Selama bulan Ramadan, seseorang akan belajar tentang banyaknya kesabaran, empati, pengendalian diri, berbagi kebaikan, dan banyak hal positif lainnya.

Begitu banyaknya keistimewaan yang terkandung di bulan suci Ramadhan, membuat umat muslim merasakan nikmatnya menjalani ibadah. Di bulan suci Ramadhan, umat Islam dianjurkan untuk banyak berdoa dan berbuat kebaikan, baik dalam konsep Hablum Minallah (hubungan manusia dengan Sang Pencipta), maupun Hablum Minannas (hubungan antar manusia).

Berikut admin akan rangkum beberapa keistimewaan dan keutamaan yang terdapat didalam bulan suci ramadhan, diantaranya :

1. Amal kebajikan dilipatgandakan

Mengerjakan kebajikan sudah barang tentu akan mendapatkan pahala yang sudah dijanjikan oleh Allah SWT, lebih-lebih pada saat bulan suci Ramadhan, mengerjakan puasa adalah salah satu ibadah yang diwajibkan dikerjakan selama bulan suci ramadhan. Rasulullah SAW bersabda :

Artinya: Siapa yang berpuasa (pada bulan) Ramadan, maka satu bulan sama seperti sepuluh bulan. Dan (siapa yang berpuasa setelah itu) berpuasa selama enam hari sesudah Id (Syawal), hal itu (sama nilainya dengan puasa) sempurna satu tahun. (HR Ahmad).

2. Puasa sebagai penolong dihari kiamat

Mengerjakan ibadah puasa sesuai tuntunan agama merupakan salah satu syarat mendapatkan pertolongan nanti pada hari kiamat, karena dalam berbagai hadis Nabi SAW sudah dijelaskan bahwa Puasa dan Al-Qur’an akan menjadi penolong nantinya pada hari kiamat, sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad dengan sanad yang shahih dari Abdullah ibn Amar :

“Puasa dan Al-Qur’an memberi syafa’at kepada para hamba di hari kiamat. Puasa berkata : “wahai tuhanku, aku telah menghalanginya makan makanan dan memenuhi syahwat-syahwatnya di siang hari, maka perkenankalha aku memberi syafa’at baginya”. Dan berkata Al-Qur’an “aku telah menghalanginya tidur di malam hari, maka perkenankanlah aku memberi syafa’at baginya”. Syafa’at kedua-duanya diterima Allah”.

3. Bulan Diturunkannya Alquran

Keistimewaan bulan Ramadhan dalam Al Quran yang utama adalah karena termasuk momen turunnya kitab suci Al Quran syahrul Quran itu sendiri.

Allah SWT berfirman,"Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Alquran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)". (QS. Al-Baqarah: 185).

4. Dibukanya Pintu Surga dan Ditutupnya Pintu Neraka

Keistimewaan bulan Ramadhan lainnya adalah dibukanya pintu-pintu surga dan ditutupnya pintu-pintu neraka serta diikatnya setan-setan. Allah SWT memberi kesempatan kepada hamba-Nya untuk masuk surga dengan mengerjakan ibadah dan amal shalih selama bulan Ramadhan.

5. Bulan Penuh Ampunan

Keistimewaan bulan Ramadhan berikutnya merupakan momen yang paling baik untuk penghapusan dosa-dosa atau bertobat. Rasul SAW bersabda yang artinya: "Sholat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadan ke Ramadan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi." (HR. Muslim)

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim).

"Barangsiapa yang berpuasa melakukan shalat malam pada bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Terdapat Malam Lailatul Qadar

Keistimewaan bulan Ramadhan dalam Al Quran selanjutnya yang mungkin sudah tak asing lagi dan banyak dinanti oleh umat muslim adalah peristiwa Lailatul Qadar. Pada malam inilah, yakni antara 10 hari terakhir di bulan Ramadan adalah diturunkannya Al-Qran.


Lailatul Qadar adalah salah satu malam pada malam-malam terakhir dan ganjil di bulan Ramadan. Bahkan disebutkan bahwa malam Lailatul Qadar lebih baik dari seribu bulan.

7. Doa Cepat Terkabulkan

Keistimewaan bulan Ramadhan lainnya adalah doa yang dipanjatkan di saat bulan suci ini lebih mustajabah atau lebih mudah dikabulkan. Hal ini sesuai hadis Rasulullah SAW yang artinya:

"Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa maka pasti dikabulkan." (HR. al-Bazaar, dari Jabir bin Abdillah. Al-Haitsami dalam Majma Az Zawaid mengatakan bahwa perawi hadis ini tsiqah atau terpercaya).

Post a Comment for "Pedoman Puasa : 7 (tujuh) keistimewaan dan keutamaan bulan suci ramadhan tahun 1443 H, cek disini"