Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bansos Uang Tunai Rp500 Siap Mendarat ke KPM BPNT Bulan Ini



LOMBOK – Bantuan Sosial (bansos) untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BPNT Tunai dan BLT minyak goreng akan segera disalurkan pada bulan april 2022 ini, dengan uang tunai sebanyak Rp. 500.000

Nominal dana Bantuan Sosial (bansos) yang akan diterima oleh KPM adalah Rp. 500.000 (lima ratus ribu rupiah) dengan rincian BLT minyak goreng Rp. 300.000 dan kuota bansos BPNT tunai Rp. 200.000, yang akan diterima sekaligus satu kali penyaluran.

Kuota bansos BLT minyak goreng akan diberikan sekaligus 3 bulan yaitu (April, Mei, dan Juni), sebesar Rp 100 ribu per bulan per KPM, sehingga KPM akan mendapat Rp. 300 ribu guna memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadhan, ditambah dengan kuota bansos BPNT tunai sebesar Rp. 200.000.


Pemerintah telah mengumumkan akan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng untuk masyarakat yang terdampak pada kenaikan harga kelapa sawit internasional, BLT minyak goreng akan disalurkan dalam bentuk tunai yaitu setiap KPM akan menerima uang tunai senilai Rp. 300.000 dengan rincian Rp. 100.000 perbulan. Ditambah dengan kuota bansos BPNT Rp. 200.000. maka masing-masing KPM akan menerima uang tunai sekaligus sebanyak RP. 500.000

Pemerintah sudah menyiapkan sebanyak 20,5 juta keluarga di Indonesia akan mendapatkan BLT minyak goreng dalam bentuk tunai yang termasuk dalam kategori daftar penerima bansos Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Sementara itu para Pedagang Kaki Lima (PKL) juga akan mendapatkan bantuan yang sama. Yakni jumlah penerima BLT minyak goreng menyasar pada 2,5 juta PKL yang berjualan gorengan.

Bansos BLT minyak goreng dan kuota bansos BPNT dengan total uang tunai Rp. 500.000 yang akan cair pada bulan April ini pemerintah sudah menunjuk PT. Pos Indonesia sebagai lembaga penyalurannya. Jadi nanti teknisnya akan sama seperti penyaluran bansos BPNT tunai periode Januari, Februari dan Maret.

Untuk mendapatkan BLT minyak goreng ini ada beberapa syarat yang ditetapkan oleh pemerintah. Ini agar BLT minyak goreng yang diberikan tepat sasaran atau diterima oleh kalangan yang benar-benar tak mampu.

Syarat untuk mendapatkan BLT minyak goreng adalah:
  1. Terdaftar sebagai keluarga Penerima Bantuan Non Tunai (BPNT)
  2. Terdaftar sebagai Program Keluarga Harapan (PKH)
  3. Terdaftar sebagai pedagang kaki lima (PKL).

Adapun Cara mengecek Penerima Bansos BLT minyak goreng yang akan Cair bulan April 2022 :
  1. Masuk ke cekbansos.kemensos.go.id kemudian isikan data yang diminta, mulai wilayah dan nama Anda.
  2. Ketikkan kode yang terdiri dari 8 digit huruf, sertakan juga spasi sebagaimana terlihat dalam gambar.
  3. Klik “Cari Data”.
  4. Jika nama Anda muncul, maka Anda sudah tercantum dalam DTKS. Namun, untuk memastikan apakah Anda termasuk penerima BPNT 2022, pastikan dalam kolom status BPNT tertulis “Ya”.
  5. Buka halaman selanjutnya untuk cara cek penerima bansos lainnya

Post a Comment for "Bansos Uang Tunai Rp500 Siap Mendarat ke KPM BPNT Bulan Ini"