Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Dia 2 Bansos Yang Akan Cair Bulan September 2022, Cek Namamu Disini

Ini Dia 2 Bansos Yang Akan Cair Bulan September 2022, Cek Namamu Disini

2 Bansos Yang Akan Cair Bulan September 2022 - Bantuan Sosial merupakan program pemerintah pusat sebagai upaya menurunkan angka kemiskinan di Indonesia melalui berbagai kementrian salah satunya Kementrian Sosial.

Bantuan Sosial (bansos) PKH dan BPNT merupakan termasuk dalam kategori bansos reguler yang diberikan kepada keluarga miskin atau rentan miskin.

Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) diberikan secara tunai kepada keluarga penerima manfaat sedangkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) diberikan dalam bentuk non tunai yaitu keluarga penerima manfaat diberikan sembako.

Sasaran dari kedua program bansos itu (bansos PKH dan BPNT) adalah menyasar kepada keluarga miskin dan rentan miskin.

Memasuki bulan September 2022 pemerintah masih tetap akan mencairkan bantuan sosial atau bansos guna mengurangi beban kebutuhan keluarga penerimanya.

Bansos yang dimaksud tersebut adalah bansos PKH dan BPNT yang diberikan kepada keluarga miskin dan rentan miskin yang sudah terdaftar sebagai penerimanya.

Bansos PKH

Program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. PKH adalah program yang dibuat sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan.

Program Keluarga Harapan (PKH) diberikan khusus bagi keluarga kurang mampu yang, dan terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) diberikan secara tunai kepada keluarga penerima manfaat yang sudah masuk kategori dan sudah terdaftar sebagai penerimanya.

Bantuan PKH disalurkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) per triwulan, yang terbagi menjadi 4 tahap penyaluran. Tahap Pertama (Januari, Februari dan Maret), Tahap Kedua (April, Mei dan Juni), Tahap Ketiga (Juli, Agustus dan September), Tahap Keempat (Oktober, November dan Desember).

Bansos BPNT

Bansos BPNT merupakan bansos reguler yang diberikan setiap bulan kepada keluarga katetori miskin yang sudah termasuk dalam kelompok Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Bansos BPNT adalah bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai dari pemerintah yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan/e-warong yang bekerjasama dengan bank HIMBARA.

Untuk bisa mengetahui apakah termasuk bagian dari penerima bansos PKH mapun BPNT bisa dicek melalui aplikasi cek bansos yaitu : cekbansos.kemensos.go.id

2 comments for "Ini Dia 2 Bansos Yang Akan Cair Bulan September 2022, Cek Namamu Disini"