Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Daftar Bansos PKH Online 2022, cek disini

Cara Mudah Daftar Bansos PKH Online 2022


Cara Mudah Daftar Bansos PKH – Banyak keluarga miskin dan rentan miskin yang ingin mendapatkan bansos PKH, namun tidak sedikit dari mereka yang belum tahu bagaimana cara mendaftarkan dirinya.

Dilansir dari laman Kemensos, Program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program yang dibuat sebagai salah satu upaya percepatan penanggulangan kemiskinan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa bansos PKH merupakan bansos yang sangat membantu keluarga penerima manfaatnya meringankan beban pengeluaran keluarga.

Sebagaimana Kita ketahui bahwa penerima bansos PKH adalah mereka yang memenuhi 3 (tiga) kriteria komponen yang sudah ditentukan oleh pemerintah melalui kementrian sosial RI.

3 (tiga) Kriteria komponen tersebut adalah 1. Komponen kesehatan, 2. Komponen Pendidikan dan 3. Komponen Kesejahteraan Sosial, selengkapnya tentang 3 kriteria tersebut bisa dibaca disini.

Kalau merasa sudah memenuhi syarat 3 (tiga) kriteria komponen tersebut maka langkah selanjutnya adalah mendaftarkan diri sebagai calon penerima bansos PKH.

Salah satu syarat utama sebagai penerima bansos PKH adalah harus sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) kementrian Sosial RI. Untuk cara mendaftar di DTKS bisa dilihat disini.

Ada 2 (dua) langkah yang bisa diambil untuk mendaftar sebagai calon penerima bansos PKH, yaitu dengan cara datang langsung ke kantor desa dan meminta untuk didaftar sebagai calon penerima bansos PKH, kemudian cara kedua dengan cara mendaftarkan diri secara mandiri dengan memaksimalkan fasilitas yang sudah disiapkan oleh kementrian sosial.

Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi cara mudah mendaftarkan diri sebagai penerima bansos PKH secara online, sehingga tidak mesti harus datang melaporkan diri ke kantor desa.

Namun yang perlu diketahui dan maklumi bahwa, setelah sukses mendaftarkan diri lewat aplikasi yang sudah disiapkan secara online oleh kemensos, tidak secara langsung akan ditetapkan sebagai penerima bansos PKH.

Namun tetap dilakukan verifikasi sebagaimana prosedur yang sudah ditetapkan oleh kementrian sosial, yaitu, verifikasi mulai dari tingkat desa, kabupaten dan kementrian, dan itu membutuhkan waktu yang tidak bisa dipastikan cepat atau lama.

Cara Daftar Bansos PKH Online 2022

Berikut ini adalah cara daftar sebagai calon penerima bansos PKH secara online lewat HP di aplikasi cek bansos yang sudah bisa didownload di play store:
  1. Buka aplikasi Cek Bansos Kemensos yang telah diunduh melalui Play Store.
  2. Lakukan registrasi dengan klik "buat akun baru".
  3. Isi data diri, seperti nomor Kartu Keluarga atau KK, NIK KTP, dan lainnya.
  4. Lampirkan swafoto dengan KTP dan foto KTP dengan klik tanda "+".
  5. Periksa kembali data yang telah diisi.
  6. Klik tombol "buat akun baru".
  7. Setelah registrasi berhasil, pilih menu "daftar usulan" yang ada di aplikasi Cek Bansos.
  8. Isi kembali data diri yang diminta.
  9. Pilih jenis bansos PKH.
  10. Data pendaftaran yang telah dimasukkan akan melalui proses verifikasi dan validasi oleh Kementerian Sosial.
  11. Pendaftar menunggu proses verifikasi.
Setelah semua proses pendaftaran selesai dilakukan, silahkan melakukan pengecekan data secara berkala untuk melihat apakah sudah terdaftar sebagai penerima bansos PKH 2022.

Besaran nominal dana bansos PKH

Berbeda dari bansos lainnya, bansos PKH disediakan pemerintah dengan kategori-kategori khusus yang masing-masingnya mempunyai nominal bantuan yang berbeda.

Jadi jangan heran kalau masing-masing penerima bansos PKH akan mendapatkan nominal bantuan yang berbeda satu sama lainnya, nominal bantuan yang diterima disesuaikan dengan komponen yang ada pada penerima bansos PKH tersebut.

Demikian Cara Mudah Daftar Bansos PKH Online 2022 yang bisa dilakukan oleh keluarga yang ingin mendapatkan bansos PKH tanpa harus melaporkan diri ke kantor desa. Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Cara Mudah Daftar Bansos PKH Online 2022, cek disini"