Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 (lima) Bansos Pemerintah yang Cair Bulan November ini, Cek Faktanya Disini Saja

Ilustrasi dana Bansos Bulan November 2021


LOMBOK - Pemerintah terus memberikan bansos (bantuan sosial) kepada masyarakat Indonesia pada umumnya dan KPM penerima pada khususnya baik itu sebelum Pandemi covid 19 melanda lebih-lebih pada saat Pandemi covid 19 melanda dunia.

Banyak sekali jenis bansos yang sudah diberikan kepada masyarakat baik itu sebelum pandemi maupun saat Pandemi berlangsung saat ini.

Bansos yang diberikan sebelum pandemi diantaranya Bansos PKH, BPNT/Sembako, Subsidi Listrik dan lain-lain.

Baca Juga : Kesaktian Bansos PKH Dalam Menurunkan Angka Kemiskinan di Indonesia

Pada saat Pandemi Covid 19 melanda Pemerintah memberikan bansos BST, BLT, Beras PPKM, BPUM/UMKM, PKH, BPNT/Sembako, Subsiji BPJS Ketenagakerjaan dan bantuan sosial lainnya.

Nah pada bulan November ini pemerintah juga akan tetap mencairkan beberapa bansos kepada masyarakat sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada rakyatnya terutama yang terdampak pandemi covid 19.

Berikut adalah daftar bansos yang akan dicaikan langsung pada bulan November ini, diantaranya sebagai berikut :

Bansos PKH 

Program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. PKH adalah program yang dibuat sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan.

Program Keluarga Harapan (PKH) diberikan khusus bagi keluarga kurang mampu yang, dan terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Bantuan PKH disalurkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) per triwulan, yang terbagi menjadi 4 tahap penyaluran. Tahap Pertama (Januari, Februari dan Maret), Tahap Kedua (April, Mei dan Juni), Tahap Ketiga (Juli, Agustus dan September), Tahap Keempat (Oktober, November dan Desember).

Penyaluran PKH masih akan dilanjutkan hingga tahap IV, yang akan disalurkan kepada masyarakat penerimanya mulai bulan Oktober, November hingga Desember 2021.

Bansos BPNT/BSP

Bansos Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Bantuan Sosial Pangan (BSP) diberikan kepada masyarakat yang tergolong ekonomi rendah alias keluarga miskin dengan syarat harus sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).
Bansos Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Bantuan Sosial Pangan (BSP) diberikan dalam bentuk Non Tunai melalui mekanisme uang elektronik yaitu berupa uang setiap bulan Rp. 200.000., (rua ratus ribu rupiah) Masyarakat yang mendapatkan bansos tersebut biasanya disebut Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kuota Bansos BPNT tersebut sebanyak 200 ribu setiap bulan sudah masuk pada bulan november ini dan sekarang sedang proses pencairan di agen e-warong yang ada di seluruh indonesia.

Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau UMKM

Pemerintah memberikan bantuan bagi usaha mikro melalui Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM. Bantuan ini dapat dicairkan bagi pelaku usaha mikro hingga Desember 2021.

Bantuan ini bisa diusulkan melalui tiga jalur, pertama Dinas Koperasi, Nasabah Bank dan Pegadaian.

Setiap pelaku usaha mikro dapat menerima bantuan dana dari pemerintah dengan nilai mencapai Rp1,2 juta. Penyaluran BPUM dilakukan melalui bank milik negara salah satunya Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Penerima BPUM dapat mengecek usahanya mendapatkan bantuan melalui situs eform.bri.co.id/bpum. Nantinya anda dapat memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan menuliskan kode verifikasi yang tertera.

Stimulus PLN

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN memberikan sejumlah stimulus bagi pelanggan berupa pemotongan tagihan listrik, khususnya bagi rumah tangga dan UMKM.

Stimulus ini dapat dicek secara langsung melalui situs resmi PLN yakni stimulus.pln.co.id. Nantinya pelanggan dapat mengisi info pelanggan seperti nomor meter, nama, tarif listrik, dan daya listrik yang anda gunakan.

Bantuan Kuota Internet Kemendikbud Ristek

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) masih terus memberikan kuota internet gratis bagi pelajar, mahasiswa, guru, dan dosen di seluruh Indonesia. Program ini diluncurkan untuk mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama masa pandemi.


Informasi lebih terperinci mengenai program ini dapat diakses melalui laman kuotadikti.kemdikbud.go.id. Kuota internet akan disalurkan sebanyak 3 kali selama 4 bulan dari September hingga Desember 2021.

Untuk melakukan verifikasi dan validasi nomor ponsel, anda dapat mengakses laman vervalponsel.data.kemdikbud.go.id.

Itulah beberapa informasi tentang bansos yang akan dan sedang cair pada bulan november ini, semoga para Pembaca adalah salah satu dari penerima bansos tersebut. aamiin.

Post a Comment for " 5 (lima) Bansos Pemerintah yang Cair Bulan November ini, Cek Faktanya Disini Saja"