Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jaga Ekosistem Hutan : KKN dan Karang Taruna Kecamatan Suela lakukan penghijauan di Kawasan hutan Mekar Sari

Karang Taruna Kecamatan Suela lakukan penghijauan


Karang Taruna Kecamatan Suela lakukan penghijauan - Penghijauan Hutan sangat perlu dilakukan guna menjaga ekosistem hutan dan sebagai bentuk uapya menjaga keseimbangan lingkungan.

Dalam kehidupan, manusia akan selalu bergantung pada keberadaan pohon, begitu juga sebaliknya. Masing-masing dari keduanya memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan. Pohon yang memberikan kehidupan dan berbagai sumber daya untuk manusia, dan manusia yang menjaga serta merawat pohon.

Penghijauan merupakan salah satu bentuk peran manusia dalam menjaga lingkungan. Penghijauan ini dilakukan dengan melakukan penanaman pepohonan.


Menyadari akan hal itu, Karang Taruna Kecamatan Suela bekerja sama dengan Mahasiswa UNRAM yang sedang KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Desa Mekar Sari tergerak melakukan aksi Penghijauan Hutan yang ada di Kawasan Desa Mekar Sari.

Kegiatan Penghijauan dilakukan pada hari Sabtu, 15 Januari 2022 dalam bentuk Penanaman Pohon di Kawasan Hutan Sekitar Desa Mekar Sari.

Ikut andil dalam Kegiatan Penghijauan itu Kepala Desa Mekar Sari, Kepala Wilayah Tanah Resaq, Dusun Seruni, Karang Taruna Kecamatan Suela, Karang Taruna Buaq Bakang, Pokdarwis, Ketua Gapoktan, Mahasiswa KKN UNRAM.

Kegiatan Penghijauan tersebut mendapatkan apresiasi oleh Kepala Desa Mekar Sari yang juga ikut terlibat langsung dalam kegiatan tersebut.

Kepala Desa Mekar Sari sangat mengapresiasi Pengurus Karang Taruna Kecamatan Suela dan Mahasiswa KKN yang telah melaksanakan kegiatan tersebut.

Karang Taruna Kecamatan Suela lakukan penghijauan

Adnan selaku Kepala Desa Mekar Sari mengatakan Penanaman pohon merupakan salah satu program yang menjadi prioritas desa Mekar Sari, karena selama ini pohon-pohon sudah banyak yang mati. Sehingga kami mengharapkan program-program seperti ini tetap ada dan berlanjut agar kepedulian masyarakat terhadap lingkungan meningkat.

Penanaman ini juga diharapkan bukan hanya pada kawasan hutan saja melainkan dapat dilakukan dipinggir sungai karena masyarakat desa Mekar Sari masih kesulitan terkait dengan air bersih.

Jika pohon ditebang terus masyarakat desa Mekar Sari tentunya akan semakin kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Sehingga yang saya harapkan untuk seluruh masyarakat desa Mekar Sari agar tetap melakukan kegiatan penanaman pohon untuk membantu resapan air agar air tetap mengalir.

Kepala Desa Makar Sari berharap dengan penghijauan ini bisa Meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar mengenai pentingnya menjaga alam guna memaksimalkan produksi pangan.


Kepala Wilayah Dusun Seruni juga berharap semoga pohon yang telah ditanam seperti durian, kayu putih, sirsak, dan jambu kristal tersebut dapat menjadi andalan untuk seluruh masyarakat desa Mekar Sari. Serta dapat dimanfaatkan dan dijaga dengan baik oleh seluruh masyarakat desa Mekar Sari

Post a Comment for "Jaga Ekosistem Hutan : KKN dan Karang Taruna Kecamatan Suela lakukan penghijauan di Kawasan hutan Mekar Sari"