Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kesaktian Aplikasi Cek Bansos Dan Manfaatnya Untuk Masyarakat

Kesaktian Aplikasi Cek Bansos Dan Manfaatnya Untuk Masyarakat
Harmayadi (Sekdes Suntalangu) dan Mujahidin (TKSK Suela)

Kesaktian Aplikasi Cek Bansos – Pemerintah melalui Kementrian Sosial RI dalam memberikan layanan kesejahteraan sosial kepada masyarakat telah banyak mengambil langkah agar masyarakat semakin mudah dan cepat mendapatkan layanan kesejahteraan sosial.

Salah satu langkah terobosan terbaru yang diberikan kemensos kepada masyarakat dalam hal memberikan layanan kesejahteraan sosial seputar layanan bansos PKH, BPNT/BSP, atau bansos lainnya yaitu dengan menghadirkan aplikasi cek bansos yang bisa dipergunakan oleh masyarakat.


Aplikasi Cek Bansos dapat dipergunakan oleh masyarakat untuk mengecek penyaluran sejumlah bantuan sosial (bansos), kepesertaan kenggotaannya dalam bansos PKH, BPNT, atau dapat digunakan untuk mengusulkan diri sendiri dengan mandiri sebagai calon penerima bansos PKH, BPNT atau bansos lainnya.

Aplikasi ini peruntukkan bagi masyarakat umum, khususnya yang telah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Manfaat Aplikasi Cek Bansos

Kementrian sosial terus berusaha memberikan layanan kesejahteraan sosial yang semakin mudah dan praktis yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dalam mendapatkan layanan kesejahteraan sosial dalam hal ini layanan terhadap KPM bansos PKH, BPNT, BST dan bansos lainnya.

Aplikasi Cek Bansos dari Kementerian Sosial hadir sebagai upaya peningkatan layanan ketepatan dalam penyaluran bansos, baik tu bansos PKH, BPNT, BST, dan bansos lainnya.

Kesaktian Aplikasi Cek Bansos Dan Manfaatnya Untuk Masyarakat

Beberapa diantaranya manfaat atau fungsi Aplikasi Cek Bansos yang dihadirkan pemerintah melalui Kementrian Sosial untuk layanan bantuan sosial adalah :
  1. Mengecek proses penyaluran bansos PKH, BPNT, BLT dan bansos lainnya
  2. Mengecek nama dan NIK apakah sudah terdaftar di basis data DTKS atau sebaliknya
  3. Mengusulkan diri dengan mandiri sebagai calon penerima bansos PKH, BPT, BST lewat menu Usul Sanggah
  4. Menyanggah kelayakan penerima bantuan sosial baik tu PKH, BPNT, BST dan lainnya
  5. Melibatkan masyarakat dalam transparansi dalam penyaluran bantuan sosial
Untuk dapat menggunakan aplikasi Cek Bansos, masyarakat terlebih dahulu harus mengunduh aplikasi melalui playstore menggunakan smartphone android. Setelah itu melakukan registrasi, pengguna harus melakukan pengisian data.

Data wajib diisi sesuai dengan data administrasi kependudukan pengguna, setelah registrasi berhasil maka akun akan diaktivasi oleh petugas.

Akun yang telah terverifikasi dapat melakukan cek bansos, sanggah anggota keluarga, kelayakan bansos dan usul penerima bansos.

Pada menu Profil Keluarga akan menampilkan daftar keluarga yang terdaftar didalam DTKS, apabila ada anggota keluarga tersebut bukan dari anggota keluarga pemilik akun maka pilih opsi “Bukan Keluarga” untuk diusulkan dihapus dalam keluarga pemilik akun tersebut.

Kesaktian Aplikasi Cek Bansos Dan Manfaatnya Untuk Masyarakat

Dengan adanya Aplikasi Cek Bansos dari Kementerian Sosial diharapkan masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik sehingga nantinya diharapkan penyaluran bantuan sosial maupun data calon penerimanya bisa menjadi lebih baik.


Tidak bisa dipungkiri banyak juga masyarakat yang menggunakannya tidak sesuai harapan, utamanya pada saat mengusulkan bantuan sosial, indikatornya adalah data yang dimasukkan tidak sesuai dengan kondiri real yang ada, data yang diinfut termasuk kategori keluarga miskin akan tetapi pada kenyataannya sebenarnya dari keluarga mampu.

Masyarakat diharapkan menggunakan Aplikasi Cek Bansos dengan bijak sesuai dengan kebutuhan dan kondisi real yang terjadi, sehingga data yang dihasilkan bisa menjadi lebih baik dan tepat sasaran.

Post a Comment for "Kesaktian Aplikasi Cek Bansos Dan Manfaatnya Untuk Masyarakat"