Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Bansos Cair Bulan ini, Salah Satunya BTPKLWN Untuk Nelayan

bansos BTPKLWN, BLT Minyak Goreng dan BPNT

3 bansos cair bulan ini – Pemerintah terus memberikan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat walaupun pandemi covid 19 sudah mulai menurun, bantuan sosial tersebut merupakan salah satu langkah yang diambil pemerintah sebagai upaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Pemerintah sudah menyiapkan sejumlah anggaran yang termasuk dalam pos perlindungan sosial Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dalam bentuk berbagai jenis bansos.

Masing-masing bansos tersebut memiliki syarat-syarat dan kriteria penerima, jumlah kuota, nominal yang diberikan, hingga prosedur dan teknis tersendiri.


Ketiga bansos dimaksud diminta untuk dipercepat penyalurannya yaitu diupayakan bisa selesai pada akhir bulan April 2022.

Diharapkan dengan bantuan sosial yang akan diberikan pada bula April ini bisa mengurangi beban pengeluaran KPM penerimanya mengingat kondisi dunia saat ini tidak lagi baik secara global khususnya dibidang ekonomi.

Kriteria Penerima Bansos yang akan cari bulan Arpil 2022

Berbeda dengan bansos reguler seperti bansos PKH mapun BPNT salah satu bansos yang akan diberikan pemerintah pada bulan April 2022 ini tidak mesti harus terdaptar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), dan dari keluarga miskin, akan tetapi bisa juga dari keluarga ekonomi menengah asal masuk kriteria.

3 bansos yang akan cair pada bulan April 2022 ini

1. Bansos BLT BTPKLWN

Bansos BTPKLWN adalah bantuan sosial yang diberikan pemerintah dan diperuntukkan untuk para pedagang kaki lima, warong dan nelayan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian mengatakan, aturan pelaksanaan program bantuan langsung tunai / BLT untuk PKL, warung, dan nelayan (BTPKLWN) akan rampung sebentar lagi. Saat ini, Peraturan Menteri Pertahanan (Permenhan) yang mengatur program tersebut sudah diterbitkan.

Saat ini, pelaksanaan program bantuan langsung tunai / BLT untuk PKL, warung dan nelayan hanya tinggal menunggu pedoman umum dari Kapolri. "Program khusus untuk PKL, warung, dan nelayan (BTPKLWN), ini kemarin Permenhan sudah. Sekarang tinggal pedoman umum dari Kapolri yang sedang disiapkan," beber Airlangga.

Untuk diketahui pihak yang melakukan pendataan calon penerima adalah dari tiga lembaga yaitu TNI, PORLI dan Kementrian Sosial, dan besaran bantuan yang akan diterima oleh KPM adalah Rp 600.000 per KK.

Kemudian yang diberikan tugas sebagai lembaga penyalur dari bansos BTPKLWN adalah langsung pihak TNI dan PORLI di seluruh Wilayah Indonesia, titik pembagian sesuai dengan kesepatan.

Pemerintah sudah menyediakan kuota Jumlah penerima bantuan tunai untuk PKL, warung, dan nelayan yang disasar pemerintah mencapai 2,76 juta.

Adapun penerima bantuan langsung tunai / BLT untuk PKL, warung, dan nelayan terdiri dari 1 juta PKL pemilik warung, dan 1,76 juta nelayan. Program bantuan tunai untuk PKL, warung, dan nelayan ini juga diberikan untuk menangani kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Bantuan sosial BTPKLWN pada saat ini sudah dimulai penyalurannya, mulai sejak tanggal 8 April dan batas akhir pada tanggal 26 April 2022.

2. BLT Minyak Goreng

Kementerian Sosial RI akan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng sebesar 300 ribu kepada masyarakat. Penyaluran BLT minyak goreng ini akan dilakukan bersamaan dengan penyaluran bansos lainnya, yaitu Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

Presiden Jokowi telah mengumumkan akan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) berupa minyak goreng untuk masyarakat yang terdampak pada kenaikan harga kelapa sawit internasional.

Sebanyak 20,5 juta keluarga di Indonesia akan mendapatkan Bantuan Langsung Tunai atau BLT minyak goreng dalam bentuk tunai.


Bantuan Langsung Tunai (BLT) akan berikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berupa uang tunai senilai 100.000 (seratur ribu rupiah) perbulan selama tiga bulan dan akan diberikan pada bulan April 2022 ini.

Bantuan BLT minyak goreng yang akan diberikan kepada KPM pada bulan April ini akan disalurkan lewat PT. Pos Indonesia dalam bentuk uang tunai senilai 300.000

3. Bansos BPNT tunai

Tak hanya itu, pemerintah juga melanjutkan beberapa program bansos dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan anggaran mencapai Rp 414 triliun. Bansos ini terdiri dari bansos reguler yang dicairkan pemerintah tiap tahun maupun bansos yang dicairkan dalam rangka pemulihan ekonomi selama pandemi Covid-19.

Salah satu bansos yang akan disalurkan pada bulan April ini adalah bansos BPNT tunai yang akan diberikan kepada KPM dengan syarat-syarat seperti biasa.

Bansos BPNT yang akan diberikan adalah kuota satu bulan yaitu masing-masing KPM akan menerima kuota bansosnya sebesar Rp. 200.000. yang akan disalurkan lewat PT. Pos Indonesia.


Demikian beberapa informasi yang dapat admin berikan pada kesempatan ini, informasi diambil dari berbagai sumber terpercaya, baik itu dari pihak Kementrian Sosial sendiri, TNI Porli maupun dari Media Berita Online yang terpercaya, dan untuk diketahui admin merupakan salah satu pendamping Program bantuan sosial reguler.

Post a Comment for "3 Bansos Cair Bulan ini, Salah Satunya BTPKLWN Untuk Nelayan"